Cara Cerdas Cek Tiket Pesawat Asli atau Palsu

Perkembangan teknologi yang terus meningkat menjadikan kebanyakan orang sekarang sering melakukan pembelian tiket pesawat secara online. Selain karena lebih praktis, sistem pembelian tiket pesawat online ini juga tidak memakan waktu yang banyak dengan harus berkendara ke counter tempat penjualan tiket. Namun, banyak pihak yang juga memanfaatkan hal ini dan menipu banyak orang yang hendak membeli tiket pesawat dengan modus memberikan harga tiket pesawat promo dan lebih murah dari tempat lainnya. Biasanya para penipu akan berpura-pura untuk menjadi agen perjalanan online yang menjual tiket pesawat dari beragam maskapai penerbangan. Selain berhati-hati dalam memilih agen perjalanan untuk melakukan pembelian tiket pesawat, anda juga dapat cek tiket pesawat yang anda beli merupakan tiket yang asli atau palsu. Berikut merupakan beberapa cara cerdas yang bisa anda lakukan untuk mengetahui keaslian tiket yang telah anda beli.

Cek Tiket Pesawat Asli atau Palsu

Cara melakukan cek tiket pesawat adalah asli atau bukan adalah dengan menggunakan teknologi komputer dan internet. Tentu saja akan sangat kurang praktis apabila anda harus pergi ke counter resmi maskapai ataupun melakukan telepon ke call center mereka. Anda dapat melakukan pengecekan sendiri dengan mengunjungi website resmi maskapai penerbangan yang tiketnya telah anda beli. Salah satu maskapai penerbangan yang memiliki rute penerbangan terbanyak adalah Lion Air, oleh sebab itu, sekarang kami akan mengambil contoh cara melakukan cek tiket pesawat Lion Air yang anda beli adalah asli atau palsu.

Langkah pertama adalah masuk ke situs resmi Lion Air yaitu www.lionair.co.id. Setelah itu pilihlah nama negara yaitu Indonesia. Kemudian anda akan diarahkan pada halaman selanjutnya, pada halaman tersebut anda dapat memilih pilihan menu “bookings”, lalu masukkan ke menu tampilan pembelian. Di tampilan pembelian tersebut akan terdapat banyak pilihan yang bisa anda pilih. Apabila anda ingin melakukan cek tiket pesawat adalah asli atau bukan, anda bisa memilih menu “retrieve booking”. Setelah anda memilih menu tersebut, anda akan diarahkan kepada halaman baru yang harus anda isi. Halaman tersebut akan mewajibkan and untuk mengisi data dari tiket yang telah anda beli seperti nama penumpang, kode booking, nomor penerbangan, waktu penerbangan dengan detail termasuk jam dan tanggal serta beberapa informasi penerbangan yang terdapat dalam sebuah tiket pesawat lainnya.

Setelah anda mengisi semua data yang anda dapatkan dari tiket pesawat terbang yang telah anda beli, silahkan melanjutkan proses dengan memilih menu “retrieve”. Cara cek tiket pesawat asli atau palsu dari sini adalah dengan melihat halaman selanjutnya setelah proses retrieve. Apabila detail data yang telah anda masukkan tadi tidak keluar dan tidak memberikan status apapun  berarti tiket pesawat yang anda beli kemungkinan besar merupakan tiket pesawat palsu karena nomor bookingnya tidak terdata pada situs resmi maskapai. Sedangkan jika tiket pesawat yang anda beli asli, akan muncul semua detail data yang anda beli beserta status pembelian “confirmed”.  Terdapat dua jenis status pembelian ketika anda melakukan pengecekan keaslian tiket pesawat yaitu status “not ticketd” dan status “confirmed”. Apabila dari hasil pengecekan anda, tiket yang anda beli masih berstatus booking dan belum dibayar. Jika anda telah melakukan pembayaran pada agen tempat anda membeli tiket, anda dapat menghubungi mereka dan mencoba menanyakan mengenai status tiket pesawat yang telah anda beli. Namun, jika status tiket pesawat yang anda beli “confirmed” berarti tiket pesawat yang anda beli asli dan sudah dibayarkan kepada pihak maskapai resmi.

Script logo